Ge Pamungkas



Sebagai stand up comedian, membedah bit orang lain adalah keharusan. Kemarin saya menonton tur stand up nya Ge Pamungkas di Umsida, Sidoarjo. Turnya berjudul 3GP, 3 Sisi Ge Pamungkas. Dan di blog ini, saya membedah bit-bit Ge yang kemarin dia keluarin.

Yang saya tulis ada 5 bit, sepertinya itu udah cukup, selain takut membocorkan bit-bit dari Turnya Ge Pamungkas, cuma 5 bit ini juga yang masih saya hafal. Buat orang yang baru belajar stand up comedy bisa membaca pembedahan berikut ini.


*sekedar info, tanda garis bawah menunjukkan puchline*

Lion air

Lion air itu terkenal dengan delay, bedanya sama penerbangan lain itu lion air terkenal delay dan ada pembagian job desk. Kalo di garuda, ada job desknya, jadi kalo mau landing gitu, pramugarinya bangunin para penumpangnya, “Pak udah sampe.”
“Mbak udah sampe. ”
“Mas udah sampe”
“Lhah, saya akan masih bangun”
“Kalo gitu tidur dulu mas, nanti saya bangunin.”

Kalo di lion air, ga ada job desknya, jadi khusus ngebangunin penumpang itu tugasnya pilot. Serius, kalo lion air mau landing, kan “ngeeeng, jedis jedis (act out tangan naik turun)”, pesawat pas mendarat itu naik-turun bergoncang gitu, kalo udah gitu gua mesti langsung bangun, pas gua liat tempat landingnya, perasaan ga ada polisi tidur, kok ga rata gitu ya.

Kalo pesawatnya udah bergoncang gitu, penumpangnya itu pada kaget, ada bapak-bapak tidur, langsung kaget, ”ASTAGHFIRULLAH AL ADZIM!” ada ibu-ibu pake kerudung lagi Al-qur’an, langsung teriak HALELUYA!

Nama ge pamungkas

Sekarang, gua mau ngomongin yang lebih penting, nama gue. Kalo bagi orang-orang nama adalah doa, bagi gua adalah musibah

(riffing) 
"Nama lu siapa bro?" 
"Ari."

Dia kalo ditanyain sama orang Indonesia,
“Nama lu siapa bro?”
“Ari.”

Kalo ada bule yang nanya, “What is your name?”
Aray.”

 Nama gua Ge. Kalo ditanya sama bule,
“What is your name?”
“My name is Ge.”
GAY?”
“Bukan-bukan, Ge.”
 “WHY NOT?”

Nama Gue Itu Ge Pamungkas berasal dari Genrifandi Pamungkas. Pamungkas itu artinya bungsu, bungsu dari 5 bersaudara. Jadi, bisa bayangin kan betapa besarnya nafsu bapak gua.

Pas ibu gua abis ngelairin gua, ibu gua bilang, “Ini kita namain Pamungkas aja ya, artinya yang terakhir.” Bapak gua langsung, “Berarti kita ga bisa begituan lagi dong?” “Ga bisa!” kata ibu gua.



Masa kecil

Gua bangga dengan masa kecil gua, daripada zaman anak muda zaman sekarang, yang main ipad, angry bird. Gua itu punya Joshua diobok-obok. Tasya aku si anak gembala. Mungkin itu alasan kenapa mereka ga pernah duet bareng, jadinya anak gembala diobok-obok. Gua kemarin lagi jalan di Jakarta, dengerin ada anak kecil, nyanyi, “Someone like you” gila, anak muda zaman sekarang, belum punya pacar aja udah mau move on.

Jadi stand up

Gua sekarang, jadi stand up comedian, anehnya, ibu gua ga tau stand up comedy itu apa. Gua males aja neranginnya. Gua bilang ke ibu gua, bukan stand up tur, tapi study tour
“Mama, sekarang gua udah jadi stand up comedian.” 
“APA KAMU NGACENG?”
“Bukan ma, bukan, ini namanya stand up comedy.”
 “APA? UDAH NGACENG DIKETAWAIN?”

Sosis

Smash menjadi gay setelah jadi  ikon di iklan sosis so nice. Pemilihan sosok ikon sama barang mereknya ga nyambung. Buktinya, mereka abis itu merekut Sinta Jojo. Sinta Jojo yang terkenal gara-gara lagu kuhamil duluan di youtube, apa hubungannya si kampret 2 biji ini sama sosis so nice. Lagunya aja ga nyambung. “Makan sosis so nice, pikiranmu jorok.” (sambil act out)

Itu tadi 5 bit yang dibawain Ge Pamungkas. Kenapa? Ada yang ga lucu? Ini semua cuma tulisan, ada faktor delivery yang bikin bit diatas pas kita baca secara tulisan ga lucu, bisa jadi lucu pas dibawain. Jadi, buat yang ngerasa udah nulis bit yang udah yakin banget bakal lucu, tapi pas dibawain di open mic gagal total, itu berarti lu punya masalah di delivery. Santai aja, saya juga punya masalah di delivery dan saya masih belajar soal delivery ini.

Satu-satunya cara ya sering-sering ikut open mic di komunitas local dan ikut sharing juga, comedy buddy an gitu sama comic lain.Tulisan ini, hanya sekedar pembelajaran bagaimana menulis bit yang baik dan benar dari Ge Pamungkas

Udah, sekian dari saya. Semoga tulisan ini bisa membantu komik-komika Indonesia.


Link: http://goo.gl/V4Lol

Posting Komentar

munggah